Sambangi KTN Gandaria Kronjo, Kapolresta Tangerang Ajak Masyarakat Ciptakan Sistem Keamanan dan Kesejahteraan

Sambangi KTN Gandaria Kronjo, Kapolresta Tangerang Ajak Masyarakat Ciptakan Sistem Keamanan dan Kesejahteraan

TANGERANG (Banten) Mdwe.info | Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi melanjutkan pemantauan Kampung Tangguh Nusantara (KTN). Selasa (11/08/2020), Ade menyambangi Kampung Tangguh Nusantara di Desa Gandaria, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang.

Di desa itu, Ade kembali mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan. Menurutnya, pelaksanaan protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak serta rajin mencuci tangan merupakan bagian dari upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Upaya mencegah penyebaran Covid-19 harus dilakukan semua lapisan masyarakat agar efektif,” ujar orang nomor satu di Polresta Tangerang ini.

Ade juga mengajak masyarakat untuk menciptakan sistem keamanan dan kesejahteraan. Menurutnya, sistem keamanan bisa dibangun dengan membuat pos keamanan lingkungan (pos kamling), pemasangan kamera CCTV, intens berkomunikasi dengan bhabinkamtibmas dan babinsa.

Sedangkan kesejahteraan dapat diwujudkan dengan memanfaatkan lahan tidur untuk cocok tanam ataupun ternak. Kata Ade, polisi dan pemerintah akan membantu memfasilitasi apabila ada kesulitan dari aspek permodalan, keterampilan, pemasaran, atau perizinan pemanfaatan lahan.

“Pak Camat, Pak Kades, Pak Kapolsek agar mendata lahan tidur. Kemudian menghadap ke pemilik lahan, minta izin agar lahan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” terangnya.

Langkah pemanfaatan lahan tidur itu, kata Ade, sebagai bagian dari program ketahanan pangan. Program itu, lanjut Ade, untuk membantu perekonomian masyarakat terutama yang kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian akibat dampak Pandemi Covid-19.

“Jadi pada prinsipnya, kita harus bersama-sama bergotong-royong saling bantu dan saling mengingatkan untuk melaksanakan protokol kesehatan,” tandasnya. (Mad Sutisna)