Safari Ramadhan Momentum Makmurkan dan Wujudkan Masjid Mandiri

Safari Ramadhan Momentum Makmurkan dan Wujudkan Masjid Mandiri

MEDAN Mdwe Info | Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM kembali melakukan Safari Ramadhan 1442 H. Kali ini, safari Ramadhan dilakukan di Masjid Al Hidayah, Jalan Bakti Luhur, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia, Senin (19/4). Selain bersilaturahmi, kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk membangun jembatan hati sehingga terwujud kolaborasi antar Pemko Medan dan masyarakat guna mewujudkan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif.

“Fokus safari Ramadhan tahun ini adalah untuk pemberdayaan masjid sebagai sentral segala aktivitas bagi masyarakat muslim di sekitarnya,” kata Wali Kota diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM ketika mengikuti Safari Ramadhan secara virtual di Command Center, Balai Kota Medan.

Dikatakan Sekda saat membacakan sambutan Wali Kota Medan, Pemko Medan saat ini berkomitmen untuk memakmurkan masjid dengan mewujudkan masjid yang mandiri. Artinya ke depan selain sebagai pusat ibadah, Masjid juga memiliki banyak fungsi seperti menjadi pusat peradaban Islam dan menjadi sentral pengembangan ekonomi umat serta pusat pendidikan.

“Masjid selain tempat ibadah juga akan menjadi pusat peradaban. Untuk itu mari kita jadikan masjid sebagai sental pengembangan ekonomi agar dapat meningkatkan ekonomi para jamaah yang kurang mampu namun memiliki kegiatan ekonomi yang produktif dengan mengutamakan anak yatim piatu, jamaah difabel, penjaga masjid, ustad dan petugas masjid lainnya,” kata Sekda.

Dalam kesempatan ini juga Sekda mengajak seluruh masyarakat kota Medan khususnya jamaah masjid Al Hidaya yang mampu untuk menyalurkan zakat, infak dan sedekah untuk membayar biaya sekolah anak yatim piatu, dan membangun ATM beras di Masjid.

“Mari kita salurkan zakat, infak dan sedekah agar terbangun koperasi syariah bahkan bank Syariah yang bisa mengakomodir kebutuhan para jamaah tanpa sistem tiba dan berbagai kemudahan lainnya. Dengan begitu maka jamaah akan bisa meningkatkan kesejahteraannya dan roda ekonomi bisa bergulir yang semuanya dimulai dari dalam Masjid,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam Safari Ramadhan ini Pemko Medan menyerahkan secara langsung bantuan kepada BKM Masjid Al Hidayah yang diserahkan Lurah Dwikora Irfan Abdilah kepada Ketua BKM, Zulkarnain Rangkuti. Penyerahan Bantuan untuk kemakmuran masjid senilai Rp 50 juta ini disaksikan Sekda secara Virtual.

Selain bantuan untuk Masjid, Pemko Medan juga memberi santunan kepada 50 anak yatim piatu dan paket sembako untuk BKM Masjid Al Hidayah.Dalam Safari Ramadhan ini juga diisi tausiah agama.

Di masa Pandemi Covid-19, Pemko Medan mengemas Safari Ramadhan berbeda dari tahun sebelumnya. Selain menerapkan Protokol Kesehatan warga yang hadir juga dibatasi jumlahnya yakni hanya 50 warga. Kemudian guna menghindari kerumunan, Safari Ramadhan ini dilakukan usai Shalat Ashar dan berakhir sebelum berbuka puasa. Namun demikian para jamaah dan warga diberikan makanan dan takzil untuk berbuka puasa.

Sebelumnya, BKM Masjid Al Hidayah Zulkarnain Rangkuti, mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan atas bantuan yang diberikan untuk kemakmuran masjid.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan khususnya Bapak Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution yang telah memperhatikan masjid dengan memberikan bantuan untuk kemakmuran masjid,” ungkapnya. (er)