Pamsimas Kencana Harapan, Ada Bangunannya, Tidak Ada Fungsinya

Pamsimas Kencana Harapan, Ada Bangunannya, Tidak Ada Fungsinya

SERANG (Banten) Mdwe Info | Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

PAMSIMAS bertujuan untuk meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat, meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sani-tasi yang berkelanjutan, meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal (pemerintah daerah maupun masyarakat) dalam penyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi.

Namun sangat disayangkan,Pamsimas di Kampung Cikobak,RT 004 / RW 002 Desa Kencana Harapan, Kecamatan Lebak Wangi,Kabupaten Serang, sejak awal dibangun, yaitu tahun 2019 keberadaannya tidak dapat dirasakan warga sekitar, Senin (19/07/2021).

Menurut penuturan warga saat ditemui oleh awak media mengatakan,bangunan Pamsimas di desanya dikerjakan pada tahun 2019 namun sejak dibangun hingga sekarang tidak berfungsi.

“Dibangun sejak 2019 tapi tak pernah berfungsi dan tidak pernah dirasakan oleh masyarakat alias gagal total,hasil dari produksi airnya,jangankan istilahnya untuk minum,untuk mandi pun air nya tidak keluar,”Kata warga yang enggan disebutkan namanya.

“Seharusnya program Pamsimas ini menjadi solusi mengatasi masalah kekurangan air bersih disaat musim kemarau bagi warga nya,tapi ini tidak sama sekali,”Ungkapnya.

Beberapa hari sebelumnya, Awak media dua kali berusaha menemui Kepala Desa Kencana Harapan, H. Suwandi di Kantornya, namun yang bersangkutan selalu tidak ada di tempat.

Ketua Tim Pelaksana Pamsimas, Bai Abdullah juga sulit ditemui, padahal awak media hanya ingin konfirmasi terkait Pamsimas, agar mendapatkan keterangan yang lengkap.

Sampai berita ini tayang, baik H. Suwandi maupun Bai Abdullah, belum dapat di konfirmasi.
(Ohin)