Inilah 10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Video Bokeh Terbaik

video editor square video and photo slideshow

Efek bokeh atau blur saat ini menjadi primadona para pecinta fotografi. Kesan elegan dan berkelas yang dihasilkannya membuat orang berburu aplikasi ini. Seringkali, HP dengan Dual Camera atau lebih sudah dihadirkan dengan lensa kedalaman. Namun, aplikasi kamera bawaan tidak selalu bisa memaksimalkan penggunaan lensa. Untuk itu kami rangkum untuk Anda 10 aplikasi pembuat video bokeh paling canggih.

1. Video Editor: Square Video & Photo Slideshow

Aplikasi bernama Video Editor: Square Video & Photo Slideshow ini cocok untuk membuat video bokeh di Instagram. Sebab fitur Square Size yang dimilikinya cocok untuk ukuran foto-foto di Instagram. Aplikasi ini juga mendukung pembuatan slideshow sampai dengan 100 foto dan mengombinasikannya dengan musik.

Anda juga dapat membuat video pada rasio 1:1 alias persegi dengan latar belakang berwarna dan memberikan efek blur background. Selain itu, tersedia juga fitur untuk menggabungkan beberapa foto atau video dalam satu frame, dalam format kolase atau grid.

Aplikasi dengan ukuran 22.35 MB ini bisa Anda unduh gratis di Play Store. Versi berbayar juga tersedia untuk fitur yang lebih lengkap. Fitur premiumnya dihargai sekitar Rp 31.000 – Rp 83.000.

2. V2ART

V2Art

Bagi Anda yang membutuhkan banyak efek untuk kreatifitas foto dan video, V2ART mampu menyediakan lengkap untuk Anda.
Aplikasi ini tidak sulit untuk digunakan. Anda hanya perlu memilih filter secara real time dan langsung melihat hasilnya. Pada versi terbarunya, kemudahan itu tidak hanya ditawarkan pada video tetapi juga gambar.

Fitur efek bokeh tentunya sudah tersedia lengkap di aplikasi dengan besar 26 MB ini. Diunduh 1 juta pengguna dengan rating 4,4 dari 16 ribu pengulas, Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis. Beberapa efek membutuhkan versi berbayar untuk menjalankannya berkisar Rp 16.000 hingga Rp 139.000.

3. Frame Lapse

frame lapse

Frame Lapse adalah aplikasi editor video dan foto bokeh kaya fitur. Anda bisa merekam video berkualitas tinggi dengan simpel, cepat, dan mudah. Fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah mengatur durasi video secara otomatis.

Sesuai namanya, aplikasi ini sebenarnya lebih terfokus pada fitur untuk membuat video timelapse. Akan tetapi, di dalamnya juga terdapat filter background blur untuk menghasilkan karya video bokeh yang memukau.

Aplikasi ini sudah terpasang kalkulator untuk memastikan durasi rekaman yang presisi. Tersedia berbagai macam tema yang membuat foto atau video Anda semakin indah. Selain itu, aplikasi ini menyediakan petunjuk penggunaan beserta FAQ di dalamnya.

4. Camera MX

camera mx

Yang satu ini pasti akan disukai oleh banyak pecinta fotografi. Bahkan bisa dibilang, Camera MX cukup layak untuk menggantikan aplikasi kamera bawaan pada semua HP, menyuguhkan fitur-fitur ekstra yang jarang ada pada aplikasi stock Android.

Aplikasi ini menyebut dirinya mampu membawa kegiatan merekam video ke level berikutnya, dengan kemampuan membuat video timelapse serta menerapkan efek dan filter secara real time, Camera MX memberikan pengalaman yang menarik dan intuitive.

Untuk proses post production, Camera MX menyajikan beragam tool praktis seperti kemampuan mengubah tingkat kecerahan, melakukan trim, memberikan efek slow motion pada adegan-adegan tertentu, dan juga dapat mengurangi ukuran video agar bisa lebih mudah di-upload.

5. Bacon Camera

bacon camera

Aplikasi video bokeh Bacon Camera mengklaim sebagai aplikasi pertama dengan kontrol manual untuk perangkat yang tidak mendukung Google’s Camera2 API. Fitur kontrol manual yang ditawarkan mencakup fokus, keseimbangan warna putih, kecepatan ISO, hingga dukungan RAW dan DNG. Fitur lainnya adalah pembuatan GIF, panorama, dan timeshots.

Bacon Camera ini memang jelas terlihat khusus mereka yang expert di bidang fotografi, menyediakan fitur Live Histogram yang dapat memaparkan data pendistribusian pencahayaan. Kendati demikian, aplikasi ini tetap dapat memberikan efek bokeh pada video dengan cukup mudah.

6. Cameringo Lite & Plus Filters Camera

cameringo

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin menggunakan aplikasi editing video bokeh lebih profesional. Dengan interface yang bersahabat, aplikasi ini menawarkan berbagai macam efek secara real-time seperti lomo dan vintage.

Cameringo Filter menawarkan fitur premium yang biasa ditemui pada DSLR. Anda bahkan bisa merekam video sambil menggunakan live filter. Setidaknya ada sebanyak 300 live filter yang tersedia dan 20 frame yang bisa dikreasikan sesuai keinginan Anda. Dan pastinya, tersedia filter bokeh untuk menghasilkan karya video yang tampak profesional.

Ada dua versi yang bisa diunduh, yakni Cameringo Lite Filters Camera yang tersedia secara gratis dan Cameringo+ Filters Camera yang berfungsi sebagai versi Pro-nya.

Harga yang ditawarkan untuk bisa mengunduh aplikasi berbayar yang mendapatkan rating 4.3 ini adalah Rp50.000 yang menyuguhkan live filters tambahan. Popularitasnya juga tidak perlu diragukan sebab sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali. Sedangkan untuk Cameringo Lite Filters, sudah diunduh sebanyak 10 juta kali.

7. Zoom Camera Free

zoom camera free

Butuh perbesar foto dan video bokeh Anda lebih maksimal? Zoom Camera Free bisa menjadi solusi untuk Anda. Aplikasi ini menawarkan digital zoom sampai dengan 1000% yang bisa digunakan untuk kamera HP atau kamera aplikasi.

Zoom Camera Free dengan unduhan mencapai 5 juta ini mendukung fitur dual camera. Tersedia juga 16 photo scene mode, 8 mode efek warna, 4 jenis flash, 6 jenis fokus, dan masih banyak lagi. Zoom Camera Free juga bisa jadi pilihan aplikasi yang gratis untuk mengambil video berefek bokeh.

Opsi folder penyimpanan bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda. Hanya dengan Rp 20.000, Anda bisa mendapatkan versi PRO dari Aplikasi Zoom Camera dengan ukuran memori hanya sebesar 1.8 MB saja.

8. Stop Motion Maker

stop motion maker

Aplikasi video bokeh yang satu ini memberikan Anda fitur untuk membuat stop motion movie. Anda dapat memilih shooting manual atau otomatis. Fitur yang disediakan selain bokeh adalah tentunya stop motion, timelapse, dan cray animation.

Export foto atau video juga tidak sulit. Anda bisa memilih avi dan motion-jpeg format untuk eksport berbagai data editing Anda. Dengan membuat video stop motion, Anda juga akan membuat audiens terpukau dengan segi sinematis yang lebih unik. Yuk unduh Stop Motion Maker di sini!

9. Camera for 4K HD – Perfect Selfie Camera

camera for 4k hd

Aplikasi ini cocok sekali untuk Anda yang ingin selfie dengan efek foto atau video bokeh. High blur resolution bisa Anda nikmati hanya dengan sekali klik. Tidak hanya efek bokeh saja, aplikasi ini juga menawarkan berbagai efek dan filter unik.

Fitur-fitur lain yang disuguhkan aplikasi dengan 10 ribu unduhan ini adalah automatic mode, HD camera, face detection, widescreen pictures, dan masih banyak lagi. Desain antarmuka yang diusungnya juga lumayan clear dan simpel. Anda bisa mengunduh aplikasi dengan ukuran sekitar 7,34 MB ini gratis tanpa biaya apapun. Penasaran? Anda bisa unduh aplikasi ini di Google Play Store atau dengan klik tautan ini.

10. DSLR Camera HD Ultra Profesional

dslr camera hd ultra professional

Rekomendasi aplikasi pembuat video bokeh paling canggih yang terakhir adalah DSLR Camera HD. Seperti namanya aplikasi ini menawarkan kinerja secanggih DSLR dalam aplikasi Android. Blur editor dengan kualitas tinggi bisa Anda nikmati disini.

Anda bisa menggunakan kamera depan atau kamera belakang hape Anda untuk membuat hasil foto atau video bokeh berkualitas tinggi. Fitur utama lain yang ditawarkan adalah mengubah level blur atau level bokeh, remote control dengan waktu otomatis, penggunaan tombol volume untuk melakukan penyesuaian filter dan efek, serta masih banyak lagi.

Mendapatkan semua fitur melimpah tersebut tidaklah semahal membeli kamera DSLR. Cukup dengan Rp 84.000 saja, Anda bisa menikmati aplikasi yang sudah diunduh 5 juta pengguna ini dengan rating 2.1 ini.

Yap, itulah tadi beberapa aplikasi terbaik yang bisa Anda dapatkan di Android untuk mengambil video berefek bokeh alias background blur. Ditambah lagi, banyak dari aplikasi tadi yang menyuguhkan filter yang bermacam-macam sehingga Anda tidak akan kehabisan ide untuk menghasilkan sebuah karya profesional untuk diunggah ke Instagram.

Oh iya, selain 10 aplikasi pembuat video bokeh, kami juga punya rekomendasi untuk membuat video memiliki efek slow motion yang keren. Untuk mengetahuinya bisa klik artikel 10 Aplikasi Video Slow Motion Android ini, ya. Selamat mencoba!