Di Duga Menjadi Sumber Gejala Pusing dan Mual, Warga Gerudug PT Xiang Wang.

Di Duga Menjadi Sumber Gejala Pusing dan Mual, Warga Gerudug PT Xiang Wang.

SERANG (Banten) Mdwe Info | Pabrik peleburan besi PT Xiang Wang Indonesia malam malam di Geruduk warga, Kamis 3 Juni 2021.

Kejadian bermula pukul 19.00 wib warga saat melaksanakan kegiatan pengajian di musholah merasa pusing dan mual, hingga spontan kegiatan yang rutin malam jumat ini terhenti.

Spontan warga beramai ramai mendatangi pabrik tersebut, hingga terjadi aksi bahkan warga langsung memasuki area pabrik pekerja berhamburan keluar dan menyetop produksinya.

Warga yang sedang melaksanakan pengajian alami pusing dan mual, Juhri (37) warga kampung gambar desa leuwi limus saat di wawancarai di lokasi mengatakan bahwa bau yang dihirupnya rasakan pusing dan mual.

“Ya pak, Jamaah musolah di sini merasakan mual dan pusing termasuk saya, dan kami mendatangi pabrik supaya menghentikan kegiatannya” ucap Juhri.

“Saya dan warga disini ingin pabrik ini ditutup karena kami merasa terganggu dengan bau yang membuat kami mual, semenjak pabrik ini berdiri kami sudah rasakan mual dan pusing pak” harap Juhri.

Sementara itu Kepala Desa Leuwi Limus Karmawan saat di temui awak media usai menemui pihak perusahaan mengatakan pabrik di stop dulu sampai semuanya kondusif.

” Benar warga kami mendatangi pabrik PT Xiang dan kami meminta menghentikan sementara aktifitas pabrik sampai semuanya kondusif dan tidak lagi ada warga yang mengalami dampak dari polusi pabrik ini ” Ujar Karmawan saat aksi menenangkan warganya.

Tampak aparat kepolisian dari Polsek Cikande datang kelokasi pabrik yang berlokasi di kawasan Pancatama Desa Leuwi Limus Kecamatan Cikande. (rls/Yusa)