Android 11 Usung Fitur ‘Autofill’, Ini Keuggulannya

Android 11 Usung Fitur 'Autofill', Ini Keuggulannya

Jakarta, Mdwe.info – Google akan merilis Android 11, kabar terbaru menyebutkan bahwa Android 11 akan meluncur pada 8 September. Informasi ini diketahui pada video yang ditujukan untuk Hey Google Smart Home Summit.

Android 11 dikabarkan akan hadir dengan fitur unggulan. Seperti dilaporkan Giz China, fitur unggulan itu salah satunya adalah fitur “autofil”. Fitur yang memungkinkan pengguna dapat mengisi data atau mengisi password secara otomatis.

Fitur “autofill” tersedia pada Gboard maupun keyboard pihak ketiga. Fitur ini memang sudah ada sejak versi Android 9 Pie, namun kali ini akan lebih terintergrasi dan mudah digunakan.

Untuk menggunakannya, pengguna sebelumnya harus terlebih dahulu memperbarui keyboard maupun pengelola kata sandi ke versi terbaru. Jika tidak, opsi pengisian masih tampak namun ini akan serupa dengan versi sebelumnya.

Dalam ungahan resminya, Android Develover menyebutkan, keyboard dan input-method editors (IME) lainnya dapat menampilkan saran autofill sebaris, di strip saran atau yang serupa, alih-alih sistem menampilkannya dalam menu tarik-turun.

Strip yang dimaksudkan ini kurang lebih akan seperti opsi autocorrect di mana pengguna cukup menggeser ke kanan dan kiri untuk melihat seluruh opsi yang diberikan.

Baca juga: Android 11 Masih Gunakan Nama Dessert

Meski otomatis, namun Android Developer mengklaim autofill terbaru ini aman untuk digunakan. Melalui unggahan pada laman mereka dikatakan, “karena saran autofill ini dapat berisi data pribadi, seperti sandi atau informasi kartu kredit, saran disembunyikan dari IME hingga pengguna memilihnya.

Artinya, data pengguna akan tetap terkunci dan rahasia sebelum digunakan. Seperti versi sebelumnya.

Android 11 versi beta diluncurkan pada Juni 2020. Versi beta kedua Android 11 pada Juli dan beta ketiga pada Agustus, yang diperkirakan termasuk versi akhir dari ujicoba ini.

Android 11 berbekal sejumlah perbaikan, termasuk perbaikan notifikasi dengan bagian percakapan khusus untuk aplikasi pesan.

Update ini juga menambahkan halaman khusus untuk perekaman dan gelembung yang tersemat di atas aplikasi lain sehingga pengguna dapat dengan mudah kembali ke percakapan. Kendali media di pengaturan cepat juga hadir dengan desain baru.

Dan menu akan muncul saat pengguna menekan tombol daya selama beberapa saat akan didukung oleh lebih banyak fungsi.