9 Orang Asimptomatik (Tanpa Gejala) Kluster RSUD Sembuh dan Selesai Isolasi Mandiri

9 Orang Asimptomatik (Tanpa Gejala) Kluster RSUD Sembuh dan Selesai Isolasi Mandiri

ACEH TAMIANG Mdwe.info | Sebanyak 9 (sembilan) orang pasien Covid-19 di Aceh Tamiang dinyatakan sembuh dan selesai menjalani isolasi mandiri, Jumat (07/08/2020). Mereka semua merupakan Kluster RSUD yang beberapa waktu lalu dinyatakan terpapar Covid-19 melalui skrinning massal yang dilakukan dengan Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala (Asimptomatik) atau biasa dikenal dengan OTG.

Tim Informasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang, dr. Hardekky mengungkapkan kesembuhan mereka merupakan kebahagiaan bagi kita. Menurutnya meski angka kesembuhannya tidak terlalu besar, setidaknya semua pihak bisa mengerti dan memahami bahwa pasien Covid-19 bisa sembuh.

Deky kemudian juga menyampaikan terkait permasalahan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Ia katakan bahwa sekarang ada aturan khusus dari Kementerian Kesehatan RI Nomor HK. 01. 07/ MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Karena banyaknya kesimpang-siuran tindakan yang harus dilakukan pada Pasien Covid-19 dengan Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala.

“Ada butir pada Keputusan Kementerian Kesehatan RI tersebut yang mengatur Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala (Asimptomatik). Dalam butir tersebut diterangkan bahwa pasien konfirmasi asimptomatik atau OTG tidak dilakukan pemeriksaan follow up RT-PCR. Pasien dinyatakan selesai isolasi apabila sudah menjalani isolasi selama 10 (sepuluh) hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi”, terang Deky menjelaskan.

Butir berikutnya juga menjelaskan untuk Kasus Konfirmasi dengan gejala ringan dan gejala sedang tidak dilakukan pemeriksaan follow up RT-PCR. Dinyatakan selesai isolasi harus dihitung 10 (sepuluh) hari sejak tanggal onset dengan ditambah minimal 3 (tiga) hari setelah tidak lagi menunjukkan gejala demam dan gangguan pernapasan.

“Singkatnya begini,orang tanpa gejala hanya cukup menjalankan isolasi mandiri selama 10 (sepuluh) hari dan tidak ada swab lanjutan atau follow up RT-PCR”, terangnya lagi.

Dari data yang di himpun melalui Dinas Kesehatan dan RSUD Aceh Tamiang, Juru Bicara Gugus Tugas Agusliayana Devita, merincikan perkembangan Data Covid-19 di Kabupaten Aceh Tamiang. Bersamaan dengan selesainya 9 (sembilan) orang tersebut, kasus terbaru juga pada hari ini ada penambahan 1 (satu) orang warga dari Kecamatan Kejuruan Muda yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 yang saat ini sedang dirawat di RSUD Aceh Tamiang.

Dengan begitu perkembangan data terbaru jumlah masyarakat Aceh Tamiang Positif Covid-19 sebagai berikut : Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 2 (dua) orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil, total warga terkonfirmasi Positif Covid-19 sebanyak 45 (empat puluh lima) orang dengan rincian 21 (dua puluh satu) orang sembuh dan 24 (dua puluh empat) orang lagi masih terkonfirmasi positif Covid-19 atau menjalani isolasi mandiri.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terus menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan meningkatkan imunitas tubuh. (ABS)